Jumat, 31 Maret 2023

Sebuah Ode Untuk Persahabatan!

 Sebuah Ode Untuk Persahabatan!

Apa itu persahabatan? Nah, persahabatan adalah konsep atau hubungan yang terlalu luas untuk definisi yang jelas. Nyatanya, itu selalu tetap lebih baik tidak terdefinisi, dan bahkan tak terduga. Namun untuk tujuan praktis, persahabatan didasarkan pada rasa saling menyukai, saling menghormati, saling mencintai, dan dunia kebersamaan yang tak terbatas. Beberapa teman dibuat secara instan, pada pertukaran pertama saling suka atau sejalan dengan pepatah 'cinta pada pandangan pertama' diganti dengan 'persahabatan pada pandangan pertama', sementara beberapa lainnya membutuhkan waktu untuk berkembang menjadi hubungan yang sempurna. Tidak perlu memiliki semua kesamaan untuk menjadi teman: teman dapat memiliki minat yang berlawanan secara diametris atau bahkan ideologi atau hasrat atau profesi namun tetap menjadi teman terbaik. Ingatlah, seperti pernikahan, teman tidak dibuat di surga, secara teknis hanya 'dibuat di planet bumi' CreativEvent.id.

Meskipun pertemanan kebanyakan tumbuh dan berkembang di antara teman sekelas sekolah/kuliah/universitas, anak-anak di lingkungan, teman teman, teman sebaya dan rekan kantor itu bisa terjadi kapan saja dengan siapa saja di setiap tahap kehidupan. Ini juga benar-benar bebas dari faktor usia, seorang anak berusia 15 tahun dapat berteman baik dengan seorang anak berusia 60 tahun atau lebih. Juga bebas dari segala hambatan bahasa, etnis, wilayah, agama atau budaya. Berlawanan dengan kepercayaan patriarki, hal ini juga bebas dari faktor gender, seorang anak laki-laki dapat memiliki persahabatan yang sama tak terbatasnya dengan seorang gadis dan sebaliknya. Oleh karena itu, jika persahabatan sejati adalah dasar antara laki-laki dan perempuan maka istilah 'pacar' atau 'pacar' adalah istilah yang salah.

Sekali lagi, bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa anggota keluarga tidak bisa berteman, persahabatan bisa berkembang bahkan di antara cucu dan kakek nenek; anak-anak dan orang tua; antara saudara kandung dan mertua; dan dengan siapa pun, semua orang. Persahabatan sebenarnya dapat menambah dimensi yang menyegarkan pada hubungan semacam itu. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu ragu untuk mengirimkan permintaan pertemanan kepada keluarga dan kerabatnya juga di media sosial. Dengan dunia menjadi tempat yang tertutup dan kecil secara digital juga bisa ada teman terlepas dari jarak geografis yang sangat jauh, fasilitas komunikasi instan menjadi faktor pengikat. Itu pada dasarnya ikatan yang menggerakkan kendaraan persahabatan dengan mulus, baik dalam realitas maupun dalam realitas virtual. Namun, sekedar 'teman' di media sosial belum tentu menandakan persahabatan.

Persahabatan memberikan bentuk demokrasi liberal yang paling benar: Anda dapat berbicara, berdebat, atau membantah apa pun di bawah matahari dengan teman-teman; seorang teman tidak akan pernah merendahkan Anda karena kelemahan atau keterbatasan Anda; teman juga memiliki hak untuk bertengkar sengit di antara mereka sendiri dan tetap berteman; motif egois tidak pernah menembus ikatan persahabatan dan jika demikian maka itu bukanlah persahabatan; dan sama sekali tidak ada persaingan atau persaingan yang pernah ada dalam persahabatan. Orang sering bingung antara hubungan bisnis dan persahabatan karena alasan seperti itu; namun, persahabatan juga dapat dipahat di sini, jika bagian 'bisnis' ditangani dan ditiadakan dengan rajin.

Keindahan persahabatan adalah sama sekali tidak perlu melakukan pekerjaan pemeliharaan apa pun untuk mempertahankannya yang berarti Anda tidak perlu mengunjungi teman Anda atau menelepon teman Anda atau menulis / mengirim pesan kepada teman Anda secara berkala untuk menunjukkan bahwa Anda masih berteman. . Anda dapat berada di kota yang sama atau terpisah ribuan mil dan Anda dapat kehilangan kontak selama berbulan-bulan, bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, namun Anda dapat bersatu kembali kapan saja di mana saja menikmati kemuliaan persahabatan Anda seolah-olah tidak ada yang terjadi. Oleh karena itu, perayaan 'Hari Persahabatan' sekali atau lebih dalam setahun sama sekali tidak diperlukan untuk menghidupkan kembali persahabatan Anda atau membenarkannya dengan mengirimkan pesan yang menginspirasi atau dengan meneteskan banyak air mata kenangan. Tapi tentu saja, kejadian seperti itu membuat Anda merenung, introspeksi dan bahkan menulis sesuatu tentangnya, sebut saja ode atau catatan sesuka Anda.

Persahabatan itu tanpa pamrih, tanpa batas; persahabatan itu selamanya. Mungkin hadiah terbaik yang pernah Tuhan berikan kepada umat manusia. Rayakan persahabatan setiap saat dalam hidup Anda, dan berbanggalah karena Anda selalu memiliki mereka di sisi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar